SHARE
Foto: arrahmah
Foto: arrahmah
                                                                                                                                                                Foto: arrahmah

Jakarta, GEO ENERGI – Pada Juni 2015 mendatang pemerintah berencana melakukan uji coba system distribusi tertutup untuk LPG tabung 3 kg. Rencananya uji coba akan dilakukan di Bali, Bangka dan Batam. Sistem distribusi akan dievaluasi dan pemberlakuannya akan dimulai di awal tahun 2016.

Sistem distribusi yang akan dievaluasi adalah dimana pemerintah akan memberikan subsidi langsung dalam bentuk kartu kepada masyarakat dan usaha mikro. Rencananya, subsidi LPG tabung 3 kg akan digabung dengan Kartu Sakti dari Presiden dan di tiap bulannya akan ditransfer dana untuk membeli LPG. “Dana tidak bisa diambil cash. Masyarakat harus datang ke pangkalan untuk menukarkan subsidinya dengan LPG 3 kg,” jelas IGN Wiratmaja, Pelaksana Tugas Dirjen Migas (20/3).

Dengan total subsidi LPG 3 kg yang mencapai Rp26 triliun maka diperkirakn setiap kepala keluarga dan pengusaha mikromendapat subsidi sekitar Rp42-45 ribu. Setelah subsidi habis dipakai, masyarakat membeli LPG 3 kg dengan harga yang telah ditentukan.

“Uji coba ini melibatkan Kementerian Sosial, Kemenko Perekonomian dan Pemda,” jelas Wiratmaja,”Saya optimis sistem subsidi langsug akan berhasil. Idenya sudah ada cukup lama hanya terkendala di pelaksanaannya. Tapi kita lihat, India yang penduduknya lebih banyak dari kita bisa berhasil,” tutupnya. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here