SHARE
Foto: enerzea
Foto: enerzea
Foto: enerzea

Jakarta, GEO ENERGI – Kamar dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, mengaku mendukung pengembangan biogas dari limbah-limbah industri dan perkebunan.‎

Ketua komite tetap energi baru dan terbarukan kadin Indonesia, Harry Salman Sohar mengatakan, pengembangan bio‎gas pada dasarnyaberpotensial di Indonesia, hal itu dikarenakan bahan baku mudah di dapat.

” Produksi biogas di tanah air gas melimpah dan besar. Kemudian bahan bakunya mudah di dapat di seluruh Indonesia,” katanya saat menghadiri acara Biogas Indonesia Forum 2015, di Hotel Darmawangsa Jakarta, Jumat (20/3/2015) kemarin.

herry mengungkapkan, jika pengolahan ini dilakukan dengan serius, biogas dapat menimbulkan efisiendi energi dan peluang bisnis yang dapat menguntungkan berbagai kalangan, baik itu masyarakat, pemerintah daerah hingga pemerintah pusat.

” Pola pengembangan sangat cocok dengan kondisi geografis di Indonesia,” ucapnya.

Agar rencana pemamfaatan limbah industri perkebunanan menarik dikembangkan, lanjut Herry, pihak terkait perlu melakukan sosialisasi lebih banyak kepada masyarakat agar pemamfaatan dapat lebih maksimal.

” Kami sangat mendukung, pengembangan biogas dari limbah perkebunan, industri, pertanian dan sebagaiannya dapat menjadi energi terbarukan yang bernilai bisnis,” tutupnya. (REZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here