SHARE
ILUSTRASI
istimewa
istimewa

Jakarta, GEO ENERGI- Dalam upaya meningkatkan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang bertujuan meningkatkan produksi Minyak dan Gas Bumi nasional, pada hari ini Rabu, 18 Maret 2015 di Jakarta, Pemerintah mengumumkan hasil Lelang Penawaran Langsung & Reguler Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2014, periode tanggal 2 Juni 2014 s.d 6 Oktober 2014 dan lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja Migas Non Konvensional Tahun 2014 periode  tanggal 23 Juni 2014 s/d 7 Agustus 2014.

A.     Lelang Penawaran Langsung WK Migas Konvensional Tahap I Tahun 2014:Telah  dilaksanakan Lelang Penawaran Langsung WK  Migas Tahap I Tahun 2014 pada  tanggal 2 Juni 2014 sampai dengan tanggal 16 Juli 2014.  Jumlah Wilayah Kerja yang ditawarkan ada 8 Wilayah Kerja. Jumlah Bid Document yang dibeli adalah 13  Dokumen untuk 8 Wilayah Kerja yaitu WK. North Central Java Offshore, WK. Kualakurun, WK. Garung, WK. Offshore Pulau Moa Selatan, WK. Dolok, WK. Southeast Papua, WK. Abar dan WK. Anggursi.Berdasarkan hasil Pembukaan, Pemeriksaan dan Penilaian Akhir Dokumen Partisipasi, berikut adalah para peserta lelang yang ditetapkan sebagai pemenang lelang wilayah kerja migas Penawaran Langsung Tahap I Tahun 2014:
NO WILAYAH KERJA LOKASI PEMENANG LELANG
1. Kualakurun Onshore Kalimantan Tengah PT Petcon Resources – Petronas Carigali International E&P BV
2. Garung Onshore Kalimantan Tengah PT Mentari Abdi Pertiwi
3. Offshore Pulau Moa Selatan Offshore Maluku Shell Exploration Company B.V
4. Southeast Papua Onshore Papua PT Gema Terra – Transform Exploration Pte Ltd
5. Abar Offshore Utara Jawa Barat PT Pertamina (Persero)
6. Anggursi Offshore Utara Jawa Barat PT Pertamina (Persero)

Komitmen pasti eksplorasi dari 6 pemenang lelang untuk 3 (tiga) tahun masa eksplorasi berupa studi G&G sebesar US$  5,59 juta, survei seismik 2D sepanjang 2.750 km dan pemboran 2 sumur eksplorasi. Total investasi komitmen eksplorasi adalah sebesar US$ 36,325 juta. Sedangkan bonus tandatangan (Signature Bonus) sebesar US$ 6 juta.

B.     Lelang Reguler WK Migas Konvensional Tahap I Tahun 2014:

Telah  dilaksanakan Lelang Reguler WK  Migas Tahap I Tahun 2014 pada tanggal 2 Juni 2014 sampai dengan tanggal 6 Oktober 2014.  Jumlah Wilayah Kerja yang ditawarkan ada 5 Wilayah Kerja. Jumlah Bid Document yang dibeli adalah 3  Dokumen untuk 3 Wilayah Kerja yaitu WK. North Madura II, WK. Aru Trough I dan WK. Aru Trough II, sedangkan 2 Wilayah Kerja lainnya tidak diminati yaitu WK.Yamdena dan WK.South Aru II.

Berdasarkan hasil Pembukaan, Pemeriksaan dan Penilaian Akhir Dokumen Partisipasi, berikut adalah para peserta lelang yang ditetapkan sebagai pemenang lelang Reguler wilayah kerja migas Tahap I Tahun 2014 :

NO WILAYAH KERJA LOKASI PEMENANG LELANG
1. North Madura II Offshore Jawa Timur Petronas Carigali International E&P BV
2. Aru Trough I Offshore Aru Statoil ASA

Komitmen pasti eksplorasi dari 2 pemenang lelang untuk 3 (tiga) tahun masa eksplorasi berupa studi G&G sebesar US$ 2 juta, survei seismik 2D sepanjang 700 km dan pemboran 3 sumur eksplorasi. Total investasi komitmen eksplorasi adalah sebesar US$ 70,9 juta. Sedangkan bonus tandatangan (Signature Bonus) sebesar US$ 3 juta.

 

C.     Lelang Penawaran Langsung WK Migas Non Konvensional Tahun 2014:

Telah dilaksanakan Lelang Penawaran Langsung WK MNK Tahun 2014 pada tanggal 23 Juni 2014 sampai dengan tanggal 6 Agustus 2014.  Jumlah Wilayah Kerja yang ditawarkan ada 3 Wilayah Kerja. Jumlah Bid Document yang dibeli adalah 8 Dokumen untuk 3 Wilayah Kerja yaitu WK. MNK Palmerah, WK. MNK Sakakemang, dan WK. MNK Selat Panjang.

Berdasarkan hasil Pembukaan, Pemeriksaan dan Penilaian Akhir Dokumen Partisipasi, berikut adalah para peserta lelang yang ditetapkan sebagai pemenang lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja Migas Non Konvensional Tahun 2014 :

NO WILAYAH KERJA LOKASI PEMENANG LELANG
1. MNK Palmerah Onshore Sumatra Selatan & Jambi KonsorsiumBukit Energy Resources Palmerah Deep Pte. Ltd.-New Zealand Oil and Gas Ltd –

PT. SNP Indonesia – Bumi Perdana Energy Ltd – Glory Wealth Pacific Ltd

2. MNK Sakakemang Onshore Sumatera Selatan Konsorsium Bukit Energy Indonesia Pte.Ltd –  Pertamina (Persero)
3. MNK Selat Panjang Onshore Riau Petroselat Ltd

 

Komitmen pasti eksplorasi dari 3 pemenang lelang untuk 3 (tiga) tahun masa eksplorasi berupa studi G&G sebesar US$ 1,10 juta, survei seismik 2D sepanjang 500 km, dan pemboran 3 sumur eksplorasi. Total investasi komitmen eksplorasi adalah sebesar US$ 37,025 juta. Sedangkan bonus tandatangan (Signature Bonus) sebesar US$ 3 juta.

Secara keseluruhan, total komitmen pasti eksplorasi dari 11 pemenang lelang adalah berupa studi komitmen eksplorasi adalah sebesar US$ 144,25 juta. Sedangkan bonus tandatangan (Signature Bonus) yang akan diterima langsung oleh pemerintah, sebesar US$ 12 juta. (ESDM/HER)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here