SHARE
mining.com

Jakarta, GEO ENERGI – Salah satu anggota Gerakan Pembela Trisakti dan Nawacita, FX Arief Poyuono menuding Presiden Jokowi tidak patuh terhadap hukum dan tidak menghormati pengadilan. Tudingan ini dilontarkan lantaran Jokowi maupun kuasa hukumnya tak hadir dalam lanjutan sidang gugatan citizen lawsuit terhadap perpanjangan izin usaha pertambangan dan izin eksport consentrat PT Freeport Indonesia.

“Kalau dia tak datang ada dua kemungkinan. Pertama, dia bukan presiden lagi atau dia sudah pindah alamat ke Bogor, terutama dia tidak menghormati rakyat Indonesia yang mengambil kebijakan izin ekspor dan kuasa pertambangan Freeport,” tegas Arief usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (17/3).
Dia menegaskan, selama ini kehadiran Freeport di Papua tidak memberikan manfaat apa-apa, baik untuk negara maupun masyarakat lokal. “Selama ini tidak ada keuntungan Freeport beroperasi di Indonesia. Kita lihat sampai saat ini rakyat Papua masih sangat miskin,” ucap Arief.
Ketua Umum FSP BUMN Bersatu ini juga merasa heran dengan sikap majelis hakim yang menolak putusan verstek jika Jokowi kembali tak hadir pada persidangan berikutnya. “Presiden itu kan pihak tergugat dan Freeport sebagai pihak turut tergugat. Tetapi kenapa hakim ikut kepada turut tergugat, kalau tergugatnya tidak datang, harusnya dia tak perlu datang,” jelas dia.
Dia berharap agar majelis hakim yang diketuai Jamalin Samosir mengabulkan gugatannya, sehingga tambang emas milik Amerika itu tak lagi memperpanjang kontraknya di tanah air. “Semoga pada persidangan berikutnya pak hakim terbuka hatinya untuk membatalkan izin ekspor Freeport,” pungkas Arief.
Hadir dalam sidang ini pihak penggugat yang menamakan dirinya Gerakan Pembela Trisakti dan Nawacita. Mereka terdiri dari FX Arief Poyuono ,Haris Rusly ,Iwan Sumule, dan Kisman Latumakulita. Mereka didampingi pengacaranya Habiburokhman.
Sementara PT Freeport Indonesia diwakili oleh kuasa hukumnya Rinto dari kantor pengacara Hakim Abdul Hakim Garuda Nusantara. Hadir juga dari perwakilan pihak Freeport yang diwakili oleh Media Relations Corporate Communications Departement, Ledy Simarmata, serta beberapa perwakilan karyawannya. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here