SHARE
Foto: Albert/Geo Enertgi

Kabel PLN-foto AlbertJakarta, GEO ENERGI – Munculnya rencana pemerintah meregionalisasikan PT PLN (Persero) justru akan mendorong pihak swasta melakukan monopoli sektor ketenagalistrikan di Indoensia. Adanya niat pemerintah ini harus ditolak.

Pembina Serikat Pekerja PT PLN (Persero) Ahmad Daryoko menyebutkan, sektor ketenagalistrikan memiliki karakteristik monopoli alamiah, sehingga perusahaan apapun yang mengelola sektor tersebut secara otomatis akan memiliki monopoli alamiah.

“Selama ini PLN dianggap memegang monopoli kelistrikan sehingga perlu dilakukan perombakan, bahkan dengan UU ketenagalistrikan agar sektor ketenagalistrikan tidak dimonopoli PLN,” kata Ahmad di Jakarta, Jumat (13/3).

Dikatakan Ahmad, jika program regionalisasi PLN benar-benar direalisasikan pemerintah atau melakukan privatisasi PLN ke swasta. Bukan hanya itu, dia mengatakan, tak menutup kemungkinan pihak asing akan memegang sektor kebutuhan hajat hidup orang banyak ini.

“Yang semula dimonopoli PLN, nantinya akan dimonopoli oleh swasta, karena memang sifat khas sektor ketenagalistrikan adalah penguasa monopoli alamiah,” tukas dia.

Regionalisasi PLN merupakan program mengubah status BUMN kelistrikan dari badan usaha penyedia ketenagalistrikan dari sisi hulu ke hilir hanya menjadi perusahaan jasa penyedia jaringan, distribusi, transmisi, dan perusahaan jasa perawatan, infrastruktur listrik. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here