SHARE

Sudiman Said(3)Jakarta, GEO ENERGI– Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang ditargetkan rampung tahun ini diharapkan dapat dilaksanakan dan menjadi pedoman dalam pengelolaan energi nasional.

“RUEN ini harus selesai tahun ini, secara normatif, tetapi apapun yang nanti dihasilkan kita tetap melihatnya sebagai suatu dokumen yang “hidup” dan saya tidak tahu apakah ini juga kesempatan yang baik untuk mereview kebijakan energi nasional sehingga nanti lebih sinkron,”ujar Menteri ESDM Sudirman Said seusai membuka Forum Koordinasi Perencanaan Energi Lintas Sektor Dalam Upaya Implementasi Kebijakan Energi Nasional, di Jakarta, Kamis, 12 Maret 2015.

Menurut dia, diperkirakan RUEN akan rampung Oktober 2015 dokumen dan sungguh – sungguh dapat menjadi pedoman. “Semoga RUEN tidak berhenti sekedar dokumen, tetapi betul-betul menjadi suatu guidance, suatu pedoman bagi kita untuk secara bersama-sama masyarakat mengelola energi secara nasional,” lanjut Sudirman.

Selanjutnya kepada Pemerintah Daerah, lanjut dia, baik provinsi dan kabupaten Menteri meminta agar segera merencanakan pengelolaan energi daerahnya masing-masing, karena merencanakan pengelolaan energi daerah hakikatnya mengelola energi nasional. “Ketika urusan negara makin komplek maka andalan kita adalah “kaki” yang didaerah, yang tahu secara persis kondisi di lapangan adalah masyarakat daerah itu sendiri dan Rencana Umum Energi Nasional mesti diterjemahkan Rencana Energi Daerah baik di level Provinsi dan Kabupaten,” katanya.(EBTKE/HER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here