SHARE

Blok minyakJakarta, Geo Energi – Salah satu dari proyek Indonesia Deepwater Development (IDD), yaitu proyek gas abadi blok Masela di Laut Arafuru mengalami kemoloran. Sebelumnya pemerintah menjadwalkan Blok Masela akan on stream pada 2018. Akan tetapi saat ini terkendala revisi Plan of Development (PoD) yang belum juga rampung.

“Proyek Masela tidak mungkin berproduksi pada 2018. Proyek ini bisa on stream pada 2020 jika revisi PoD rampung tahun ini,”jelas Aussie B. Gautama, Deputi Pengendalian Perencanaan SKK Migas. (11/3)

Proyek yang izin wilayah kerjanya mulai berlaku pada 16 November 1998 ini sangat ekonomis untuk dikembangkan karena penemuan cadangan yang meningkat dari 2,5 juta ton per tahun (Mtpa) menjadi 7,5 Mtpa. Operator blok, INPEX Corporation, membutuhkan perpanjangan kontrak untuk kepastian proyek.

Sebelumnya SKK Migas menyebutkan ada tiga proyek besar minyak dan gas bumi yang dipastikan molor. Ketiga proyek itu adalah IDD di selat Makassar, Masela di Laut Arafuru, dan Train 3 di Blok Tangguh, Teluk Bintuni. (GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here