SHARE
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.
wartajakarta
                                                                                                                                                                       wartajakarta

Jakarta, GEO ENERGI– Pemerintah berkomitmen mengembangkan energi baru terbarukan serta melakukan upaya konservasi energi secara guna menjaga ketahanan energi nasional.

“Kita masih serius mengembangkan energi baru terbarukan dan upaya konservasi energi, potensinya besar sekali,”kata Menteri ESDM Sudirman Said sesuai membuka Acara Forum Koordinasi Perencanaan Energi Lintas Sektor Dalam Upaya Implementasi Kebijakan Energi Nasional di Jakarta, Kamis, 12 Maret 2015.

Sudirman menambahkan, selama ini masyarakat Indonesia dimanjakan dengan pasokan energi fosil yang murah sementara disisi lain tanpa disadari bahwa energi tersebut sumber dayanya akan habis. “Untuk itu kita investasi besar-besaran dalam pengembangan energi terbarukan, tahun ini kami anggarkan sekitar Rp1 triliun, kami berharap dukungan parlemen dan Kementerian Keuangan untuk mendukung investasi di sektor energi baru terbarukan,”paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana menambahkan, anggaran sekitar Rp1 triliun tersebut untuk mendukung program pengembangan energi baru terbarukan yang telah disiapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBN-P) tahun anggaran 2015. “Anggaran itu diantaranya kita gunakan untuk program Sumba Iconic Island, PLTS Hybrid dan lainnya,”tutur dia.

Lebih lanjut dia menuturkan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 disebutkan untuk mewujudkan kedaulatan energi Pemerintah telah menyusun arah kebijakan dan strategi yaitu meningkatkan peranan energi baru terbarukan dalam bauran energi, selain itu meningkatkan aksesibilitas, kemudian meningkatkan efisiensi dalam penggunaan energi dan terakhir memanfaatkan potensi sumber daya air untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). (EBTKE/HER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here