SHARE
Albert
Albert
                                                                                                                                                                                 Albert

Jakarta, GEO ENERGI– Maraknya pengembangan energi terbarukan membuat Amerika Serikat (AS)dilirik dunia saat ini. Pasalnya penemuan minyak dan gas serpih menjadikan Amerika Serikat makin mandiri dalam memenuhi kebutuhan energy dalam negri. Spencer Dale memaparkan dalam media meeting BP Energy Outlook 2035 (10/3), bahwa dalam dua puluh tahun ke depan revolusi energi akan dipresentasikan oleh perkembangan minyak dan gas serpih di AS.

Lanjutnya, walaupun resource energi batuserpih ini tersebar di bumi namun untuk 20 tahun mendatang tidak akan ada perubahan dalam perkembangan energi batuserpih yang sangat signifikan di belahan dunia lain selain di Amerika. Faktor utama penyebabnya adalah kekuatan pasar di AS yang mendorong berkembangnya permintaan akan minyak dan gas serpih.

“Adanya industri kecil hingga menengah yang bersaing ketat menghasilkan peningkatkan produktivitas dan inovasi dalam permintaan energi batuserpih,” ujarnnya.

Pada akhirnya pesan untuk negara lain bahwa persaingan antar pelaku usaha energi dan industri sangat membantu untuk mendorong kekuatan pasar, maka peran pemerintah pun seharusnya tidak membatasi pelaku industri dalam berinovasi. “Negara lain harus ambil pelajaran dari strategi Amerika,” mantan Executive Director for Financial Stability di Bank of England ini menyimpulkan.(GDH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here