SHARE

Zainal SyarifudinJakarta, GEO ENERGI – Kesadaran masyarakat terkait pembuangan sampah pada tempatnya masih cenderung kecil. Di mana ada tanah atau lahan yang kosong, di situlah sampah bersemayam. Tak ayal, jika masyarakat yang kebetulan memiliki rumah sekitar sampah tersebut, menjadi tidak nyaman akibat dampak yang ditimbulkan.

Hal serupa juga terjadi di akses jalan menuju Ragunan. Keluhan bahkan protes warga sekitar kepada Dinas Kebersihan Jakarta terus digulirkan sehingga membuat Zainal Syarifudin selaku Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan beserta petugas kebersihan lainnya mengambil tindakan. “Kegiatan ini jadi berkaitan karena adanya keluhan dan protes dari masyarakat dengan sampah yang banyak di got atau saluran air,” ucapnya saat Geo Energi temui di Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (9/3).

Kegiatan bersih-bersih tersebut diakui sebab banyaknya laporan warga yang sudah mulai cemas akan keberadaan sampah tersebut. “Dan ini kembali lagi kepada masyarakat khususnya para pengguna kendaraan bermotor roda dua. Menikmati jalan yang sudah bagus, tapi buang sampahnya sembarangan di got-got,” tambahnya.

Bukan pula hal yang mudah, belum lagi akses jalan Ragunan masih terlalu kecil sehingga mobil angkutan sampah. “Belum lagi dengan akses untuk ke sini yang sangat sulit. Mobil kan tidak masuk, akhirnya kami jemput sampah di sini dengan tenaga-tenaga petugas kebersihan,” jelasnya.

Tentu, dengan berjalannya kegiatan tersebut kelak menjadikan masyarakat yang lebih aktif lagi dalam menjaga lingkungan, seperti yang diharapkan oleh Zainal Syarifudin. “Kami berharap, ketika masyarakat melihat lingkungan di sini sudah bersih, tidak akan lagi buang sampah sembarangan dan di tempat yang sulit penanganannya,” tutupnya. (NA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here