SHARE
Albert
Albert
                                                                                                                                                                                    Albert

JAKARTA – GEO ENERGI – Komisi VII DPR RI akan memberikan perhatian khusus terhadap wacana Perubahan status Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus. Terkait hal itu, komisi bidang energi ini berencana akan membentuk Pansus.

Anggota Komisi VII DPR RI Ramson Siagian mengatakan, pembahasan RUU Migas akan menjadi prioritas yang akan dibahas pasca masa reses. Pasalnya, amandemen undang-undanng tersebut saat ini sudah masuk program legislatif nasional (Prolegnas).

“Amandemen RUU Migas sudah masuk prolegnas, nanti akan dibahas usai masa reses, pada 23 Maret mendatang. Apakah nanti akan dibentuk Pansus dengan melibatkan Komisi tujuh atau komisi lain, itu akan dibahas kita lebih lanjut,” kata Ramson kepada Geo Energi, Senin (9/3).

Politisi asal Partai Gerindra mengungkapkan, perubahan status SKK Migas itu menjadi satu isu penting dalam revisi UU Migas. Karena itu dalam pembahasannya nanti, komisinya akan mengkaji lebih mendalam soal sistem dan struktur perubahan lembaga tersebut.

“Yang sekarang berkembang terkait dengan perubahan sistem dan struktur SKK Migas, ada beberapa alternatif karena kita membutuhkan alternatif dan mendengarkan masukan dari pihak terkait, termasuk dari ahli, pakar, akademisi, dan pelaku,” jelas Ramson.

Menurutnya, selama ini sistem yang dilakukan SKK Migas kurang berjalan efektif. Hal ini terlihat dari penurunan lifting minyak domestik dari 1,4 juta barel per hari menjadi hanya sekitar 780 barel per hari.

Seperti diketahui, pada November 2012 lalu Mahkamah Konstitusi (MK) menentapkan 14 pasal dalam UU Migas Nomor 22 Tahun 2001 bertentanngan dengan UUD 45. Dalam amar putusannya MK juga membubarkan BP Migas dan lembaga penggantinya akan ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang akan diatur dalam UU Migas yang baru.

Perubahan status SKK Migas menjadi BUMN khusus menjadi salah satu isu strategis yang akan dibahas dalam UU Migas yang baru tersebut. (RBW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here