SHARE
melting ladleJakarta, GEO ENERGI – Mengenai isu pembangunan alat pengolahan dan pemurnian bahan baku mineral atau smelter PT Freeport Indonesia yang didesak pemerintah dan DPR untuk segera direalisasikan, sampai saat ini belum jelas akan dibangun di Gresik seperti rencana sebelumnya, atau di Timika, Papua sesuai dengan rekomendasi dari banyak pihak.
Deputi Director for Geological, Mining and Geothermal Direktorat Energi, Sumber Daya Mineral dan Tambang Bappenas, Togu Pardede mengatakan bahwa smelter Freeport telah dipastikan  akan dibangun di Timika, Papua.
“Smelter Freeport sudah pasti di Timika. Sudah pasti dan memang harus di sana. Karena selain menghemat cost juga membuka lapangan pekerjaan baru untuk mengoptimalisasi SDM di sana. Meningkatkan dan pemerataan kesejahteraan itu,” ujar Togu dalam acara Exhibiton and Conference Sumatra Miner 2015 di Palembang, Rabu (4/3).
Dari sisi persiapan, Togu mengatakan bahwa sampai dengan saat ini persiapan  untuk pembangunan smelter telah di persiapkan dengan matang.
“Sudah matang ini persiapan. Ke depannya sudah diupayakan. Dari infrastruktur sudah dipersiapkan hanya tinggal eksekusi,” tandasnya. (YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here