SHARE
foto: Istimewa
foto: Istimewa
                                                                                                                                              foto: Istimewa

Jakarta, GEO ENERGI – Naik-turunnya harga bahan bakar minyak di Indonesia, jelas memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat luas, terlebih lagi bagi para pengguna kendaraan pribadi.

Beberapa permasalahan umum dalam pemakaian kendaraan bermotor, tentu akan mempengaruhi terhadap pemakaian bahan bakar minyak itu sendiri, baik premium maupun pertamax.

Menurut penjelasan Heru Sugiarto selaku Konsultan dan Pelatihan EcoDriving bahwa, pengemudi sudah seharusnya memahami karakter mesin kendaraan bermotor yang dipakainya sesuai dengan anjuran dari brosur dan buku manual yang memuat spesifikasi teknis kendaraan bermotor serta cara pemakaianya.

Belum lagi ditambah dengan pinsip dasar pemahaman tipe dan model kendaraan bermotor yang memiliki karakter masing-masing sesuai dengan tujuan diciptakannya. “Bahwa pengemudian atau pengguna kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan karakternya akan mengakibatkan kerugian seperti, komponen cepat rusak dan pemborosan bahan bakar,” ujar Heru Sugiarto melalui pesan singkat kepada Geo Energi, Rabu (4/3).

Pemakaian kendaraan bermotor yang sesuai dengan karakter kendaraan, ditambah aplikasi trik dan tips tertentu, dapat dipastikan akan menghasilkan manfaat maksimal dan keuntungan dari penghematan bahan bakar serta rendah emisi sehingga ramah lingkungan.

Siapa pun pemakai kendaraan bermotor silakan mencoba menerapkan EcoDrving, jangan katakan useless bila kita belum berhasil memperbaiki konsumsi bahan bakar. EcoDriving adalah tehnik mengemudi kendaraan bermotor sesuai dengan karakter kendaraan untuk menghasilkan manfaat dan keuntungan penghematan bahan bakar secara maksimal. EcoDriving merupakan nama lain dari Economical Driving, tehnik mengemudi hemat bahan bakar. Untuk kendaraan roda dua biasa digunakan istilah EcoRiding.

Beliau juga memaparkan tentang bagaimana cara mengendarai kendaraan bermotor yang baik dan benar yang manfaat dari hal tersebut dapat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak. “Dengan aplikasi EcoDriving, selain manfaat dan keuntungan yang akan kita dapatkan, juga berarti kita telah bertindak benar dan bijak terhadap kendaraan bermotor, dan pasti telah berkontribusi positif terhadap lingkungan dan generasi,” tutupnya. (NA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here