SHARE

blok-migasJakarta, GEO ENERGI – Demi mendukung kompetisi global yang semakin meningkat, terutama untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya agar mampu bersaing dengan negara-negara tetangga, pemerintah melalui Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terus berupaya mendorong peningkatan produk barang dan jasa di sektor hulu migas.

” Nilai belanja Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pada tahun 2014 sebesar US$ 19,916 miliar. Dari jumlah tersebut, pengadaan barang dan jasa tercatat US$ 17.354 miliar dengan nilai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 54%,” kata Dirjen Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja, melalui siaran persnya di Jakarta, Selasa (3/3/2015).

Ia mengungkapkan, dari data Ditjen Migas, prosentase TKDN sejak 2006 pada umumnya mengalami kenaikan.

” Itu dikarenakan keberhasilannya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, Kementerian ESDM telah tiga kali menerima Piala Anugerah Cinta Karya Bangsa dari Presiden RI yaitu tahun 2011, 2012 dan 2014,” ucapnya.

Sementara untuk mendukung dan menumbuhkembangkan inovasi/teknologi dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri pada kegiatan hulu migas, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri ESDM No 15 tahun 2013 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Kegiatan Usaha Hulu Migas.

” Berdasarkan aturan tersebut, ditetapkan target TKDN untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk mencapai target ini, Dirjen Migas bertugas menetapkan roadmap pencapaian target TKDN pada kegiatan usaha hulu migas,” ujarnya.

Diatur pula, setiap kontraktor, produsen dalam negeri dan penyedia barang atau jasa yang melakukan pengadaan barang atau jasa pada kegiatan usaha hulu migas, wajib menggunakan, memaksimalkan dan memberdayakan barang, jasa serta kemampuan rekayasa dan rancang bangun dalam negeri yang memenuhi jumlah, kualitas, waktu penyerahan dan harga sesuai dengan ketentuan dalam pengadaan barang atau jasa.(REZ)‎

foto: acehtraffic.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here