SHARE
ILUSTRASI
batubaraJakarta, GEO ENERGI – Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa saat ini seperti dikatakan oleh Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sumatera Selatan, Ir. H. Ruslan Bahri, MT , Sumatera khususnya provinsi Sumatera Selatan memiliki cadangan batubara yang dapat diekplorasi sampai dengan 400 tahun ke depan.
Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan Menteri Perhubungan sedang fokus pada proses pengadaan infrastruktur penunjang.
“Rencana terdekat saat ini kita sudah siapkan kereta api. Kereta apinya juga sudah unsolicited. Hal ini masih panjang prosesnya, kita akan segera realisasikan itu. Pak Menhub akan segera buat double track, jadi bisa bersilangan untuk jalur keretanya. Selama ini kan masih saling tunggu, jadi kita hanya bisa produksi batubara terbatas,” papar Ruslan dalam acara Exhibition and Conference Sumatra Miner 2015 di Hotel Arya Duta, Palembang, Rabu (4/3).
Selain itu, Ruslan mengatakan bahwa pihaknya juga tengah mengupayakan untuk adanya investor asing yang mau bergabung dalam proyek ini.
“Kita sendiri masih mengupayakan investor dari dalam maupun dari luar. Selama ini kan ada PT. MGGS (Mega Guna Ganda Semesta) yang merupakan konsorsium antara Indonesia dengan China. Kita modalnya cuma bagaimana mengeluarkan itu (batubara), dan bagaimana kita bisa mengeksplorasi,” tandas Ruslan. (YAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here