SHARE

Danau2Jakarta, GEO ENERGI – Dalam rangka menyemarakkan Gerakan Penyelamatan Ekosistem Danau (GERMADAN) dan Menuju Pelaksanaan The 16th World Lake Conference (WLC 16) di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hari ini mengadakan Media Briefing bersama beberapa awak media di Ruang Kalpataru Gedung B lantai 2 Kantor KLHK, Jakarta (4/3).

Pada kesempatan itu pula, hadir sebagai pembicara Ir. Arief Yuwono, MA selaku Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim, Prof. Dr. Gadis Sri Haryani Kepala Pusat Limnologi LIPI dan dibuka oleh Kepala Biro Hukum dan Humas KLH, Rosa Vivien Ratnawati.

Adapun yang menjadi sorotan utama dalam kegiatan tersebut adalah keterkaitan dengan beberapa kondisi danau yang mengalami penurunan kualitas lingkungan. Karena, danau di Indonesia merupakan komponen alam yang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat. Multifungsi danau menjadi bagian dari keseharian kehidupan, mulai dari kebutuhan dasar, mata pencaharian, sampai pusat tumbuh budaya dan kearifan.

Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim, Ir. Arief Yuwono, MA menjelaskan bahwa, pada Sub Agenda Prioritas Ketahanan Air disebutkan bahwa salah satu sasaran yang akan dicapai adalah Pemeliharaan dan Pemulihan Sumber Air dan Ekosistem melalui Pengelolaan Terpadu di 15 Danau Prioritas Nasional, dengan mengimplementasikan Rencana Aksi Penyelamatan Ekosistem Danau.

Tentu sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk turut berpartisipasi dalam mendukung gerakan tersebut agar apa yang sudah diwacanakan menjadi nyata. “Untuk itu, perlu dilakukan kembali penguatan komitmen pihak-pihak terkait baik kementerian / lembaga maupun pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga diharapkan rencana aksi penyelamatan danau dapat diimplementasikan dengan baik pada periode 2015 – 2019, dan memberikan outcome baik berupa pemulihan kondisi ekosistem danau maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambah beliau. (NA)

foto: agammenyemai.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here