SHARE

smeltingJakarta, GEO ENERGI– Pembangunan smelter tembaga nasional dirincakan akan melibatkan empat pemegang Kontrak Karya (KK) yaitu PT Freeport Indonesia, PT Newmont Nusa Tenggara, PT Gorontalo Mineral, dan PT Kalimantan Surya Kencana. Keempat KK itu telah bersepakat untuk membangun smelter yang akan digarap PT Freeport di Gresik, Jawa Timur. Newmont, Gorontalo Mineral, dan Kalimantan Surya menjadi pemasok bahan baku konsentrat ke smelter tersebut.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM R Sukhyar mengatakan, Freeport adalah pihak yang akan membangun smelter. Untuk itu pihaknya meminta Freeport segera menyampaikan rencana kerja pembangunan smelter tersebut.

“Smelter tembaga nasional akan memiliki kapasitas mencapai 2 juta ton konsentrat tembaga. Adapun investasinya mencapai US$ 2,3 miliar, ujar Sukhyar di Jakarta, Senin (2/3).

Sukyar mengatakan, rencananya Jumat pekan ini akan ada pertemuan dengan Freeport, tapi belum ada pembahasan mengenai mekanisme kerja sama dari keempat KK, ini hanya penandatanganan kesepakatan dari keempat KK itu sebagai komitmen keseriusan membangun smelter. (HER/HPRP)

foto:esdm.sulselprov.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here