SHARE

Ilegal logging(1)Jakarta, GEO ENERGI – Usai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya memeriksa kayu sitaan Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan Dinas Kehutanan Provinsi Papua yang telah menggagalkan tindakan illegal logging di Negeri Cendrawasih itu, kini barang bukti yang sebanyak 4 kontainer tersebut disimpan di Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Jayapura.

“Tumpukan kayu jenis Merbau itu kini kami titipkan di Rupbasan Kejaksaan Negeri Jayapura. Dari 4 kontainer masing-masing sekitar 16 m3 sehingga totalnya 64 m3,” ujar Kepala Konservasi Sumber Daya Alam, Mangaraja Gunung Nababan kepada Geo Energi, Senin (2/3).

Merujuk pada Pasal 50 Undang-undang No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, setiap orang dilarang untuk merambah kawasan hutan. Arkian menuntun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuktikan komitmennya guna melakukan pemberantasan penebangan kayu secara illegal di kawasan hutan sekaligus peredarannya di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Sekali lagi, ini merupakan langkah konkret yang telah dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan Dinas Kehutanan Papua. Kendatipun telah melakukan tindakan yang tegas, Kepala Balai Konservasi SDA Papua juga menambahkan bahwa, Indikasi lain terhadap tindakan ilegal logging tetap ada. Namun, hal tersebut tetap tidak menyurutkan semangat KLHK & KBKSDA untuk menghentikan langkah para penebang liar hutan Indonesia. (NA)

foto:bharatanews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here