SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Meskipun agak mengalami keterlambatan dari estimasi pembangunan Waduk Jatigede yang memiliki masa konstruksi yaitu dari 15 November 2007 hingga 30 November 2013, berdasarkan Surat Perintah Mulai Kerja, (pekerjaan fisik dimulai pada tanggal 15 November 2007 dengan masa kontrak selama 65 bulan). Humas Kementerian Pekerjaan Umum, Warjono kembali menegaskan bahwa pengerjaan pembangunan Waduk Jatigede sudah hampir rampung dan akan segera diselesaikan tahun ini.

Warjono juga mengatakan, adapun keterlambatan tersebut disebabkan oleh beberapa masalah yang di antaranya adalah terkait dengan masalah sosial yang sedang ditanggulangi.

Waduk Jatigede merupakan waduk yang membendung Sungai Cimanuk. Potensi air di Sungai Cimanuk rata-rata sebesar 4,3 milyar m3/tahun dan baru dapat dimanfaatkan hanya 28% saja dan sisanya mengalir saja ke laut tanpa dimanfaatkan karena belum adanya waduk. Sistem Irigasi Rentang sendiri memiliki luas 90000 Ha yang sepenuhnya mengandalkan pasokan air dari Sungai Cimanuk (river runoff) sehingga pada musim kemarau selalu mengalami defisit air irigasi yang mengakibatkan kekeringan.

Hal itu juga menyebabkan krisis ketersediaan air baku untuk keperluan domestik, perkotaan, dan industri di wilayah hilir Sungai Cimanuk yaitu di sepanjang Pantura CIAYU.

Oleh karena itu, pembangunan waduk Jatigede perlu segera direalisasikan untuk mengatasi krisis air tersebut, baik untuk menjamin ketersediaan air Irigasi Rentang dan wilayah Pantura CIAYU. Bendungan Jatigede memiliki panjang sekitar 1.8 km dengan daerah tapak proyek secara umum mempunyai struktur geologi tektonik yang intensif dan kompleks. Adanya struktur yang kompleks ini menyebabkan daerah tapak proyek menjadi rawan terhadap gerakan tanah atau longsoran.

“Kalau mengenai bulan apa selesainya, kami belum tahu. Yang pasti, tahun ini akan segera diselesaikan,” ucap Warjono saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Senin (23/2). (NA)

Foto:seputarjabar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here