SHARE

Jakarta, GEO ENERGI – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim mengaku tengah berupaya membangun wilayah Lombok Selatan, Indonesia. Pembangunan ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya meningkat.

Menteri Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, langkah tersebut sejalan dengan konsep Blue Economy yang sedang coba dikembangkan dan diterapkan. Dimana penerapannya meliputi aktivitas industri dengan menguatkan partisipasi masyarakat melalui transfer pengetahuan, kewirausahaan yang kompetitif, serta membuka lapangan pekerjaan menuju pengentasan kemiskinan.

” Pembangunan Lombok bagian selatan melalui konsep yang diterapkan blue ekonomi tereintegrasi masyarakat di berdayakan memiliki tujuan utamanya fokus kepada kemiskinan wilayah Lombok bagian selatan bisa dihapuskan, kita sudah mulai coba terapkan di sana,”  ungakpnya saat berbincang dengan wartawan di kediamannya, Jakarta (18/2/2015) malam.

Ia melanjutkan, tujuan utama dari pengembangan lombok selatan adalah meningkatkan perekonomian diwilayah lombok. Pasalnya wilayah yang memiliki potensi bagus dalam sektor maritim tapi tidak membuat kesejahteraan masyarakat meningkat.

” Lombok selatan jalannya bagus infrastruktur bagus semuanya bagus, tetapi rakyatnya miskin. Proyek Pemerintah ini maunya melibatkan partisipasi masyarakat, agar peningkatan kesejahteraan terjadi disini,” katanya.

Ia melanjutkan, nantinya program pembangunan tersebut meliputi pembudidayaan perikanan,mangrove,serta budaya wisata bahari. Sehingga diharapkan kajian tersebut,dapat memberikan pertumbuhan maritim di wilayah Lombok Selatan.

” Membangun ekonomi lokal, keterlibatan masyarakat dalam proses industri melalui transfer pengetahuan dan praktek kewirausahaan untuk menuju perluasan lapangan kerja untuk pengentasan kemiskinan,” tutupnya.(REZ)

Foto:bali-lombok-fastboats.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here