SHARE

Jakarta, GEO ENERGI– Pembangunan waduk Jatigede dan PLTA Cisokan di permasalahkan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat. Pasalnya, pembangunan tersebut dianggap melenyapkan kawasan hutan dan ekosistemnya.

Menurut Dadan Ramdan, Direktur Walhi Jawa Barat, sejak awal Walhi Jawa Barat menolak pembangunan waduk Jatigede di Sumedang dan Pembangunan PLTA di Cisokan Bandung Barat-Cianjur. “Dampak kedua pembangunan bukan hanya berdampak secara sosial dan budaya, namun telah berkontribusi pada pengurangan kawasan hutan produksi di Jatidege sebanyak 1389 Ha atau berdasarkan data Perum Perhutani sekitar 1.097, 44 ha dan di Cisokan sebanyak 131,65 Ha,” kata Dadan dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/2).

Dadan menambahkan bahwa pembangunan tersebut akan berkontribusi pada semakin berkurangnya kawasan hutan (produksi dan lindung) di Jawa Barat, dipastikan sekitar 1500 ha akan lenyap/hilang ditengah degradasi kawasan dan alih fungsi kawasan hutan  oleh praktik pertambangan dan pembangunan infrastruktur lainnya.  Sementara ke depan, ancaman penghilangan hutan akan terus terjadi seiring dengan pembangunan waduk/bendungan dan infrastruktur lainnya. (DSU)

Fato:fokusjabar.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here