SHARE

Jakarta, GEO ENERGI– Pembangunan waduk Jatigede dan PLTA Cisokan dianggap telah merusak lingkungan kawasan sekitar. Menurut Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat, praktik penghilangan hutan yang ada di Jawa Barat tersebut harus segera dihentikan.

Menurut Dadan Ramdan, Direktur Walhi Jawa Barat, akibat dari penghilangan hutan di Jatigede sudah sebanyak 900.000 pohon lenyap, satwa dan fauna lainnya pun terancam akan punah dan rusak. “Ini seiring dengan pelaksanaan Surat Administratur Perum Perhutani No 27/0534/PSDH/Smd/Divrebanten Tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Kegiatan Penebangan Rencana Genangan Waduk Jatigede tertanggal 12 Januari 2015 yang diedarkan kepada Pemda Sumedang dan pihak lainnya,” papar Dadan.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 41 tahun 1999, PP No 60 tahun 2012 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 2010 tentang tata cara perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan dan permenhut No 41 tahun 2012 tentang Perubahan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 32/menhut-ii/2010 tentang Tukar Menukar Kawasan Hutan menyatakan bahwa kawasan hutan yang berubah peruntukan dan fungsi harus diganti minimal 2 kali lipat di daerah aliran sungai (DAS) yang sama. (DSU)

Foto:tahoogroups.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here